#8 Jogjakarta

Setahun yang lalu, saya dengan teman-teman kampus mengadakan backpackeran gitu ke Jogja. Tapi berhubung gak dapet tiket kereta ekonomi jadi ya gagal deh backpackerannya. Barang bawaan sih masih pake backpack, cuma cara hidupnya diluar dari pengertian backpacker sebenernya hehe.

Sekitar pukul 04.30 kami sampai di Stasiun Tugu, lalu kami beristirahat dan shalat subuh sebelum melanjutkan perjalanan. Sekitar pukul 05.30 kami melanjutkan perjalanan untuk segera menuju penginapan yang sebelumnya sudah di booking. Penginapan kami letaknya tidak dekat dengan pusat keramaian Kota Jogjakarta, melainkan sedikit berada dipinggir yaitu tepatnya disebelah Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta (kalau gak salah) hehe. Tips bagi yang ingin backpacker-an di Jogja, carilah penginapan disekitar jalan Sosrowijayan didekat Malioboro deh, disana banyak penginapan murah udah gitu akses kemana-mana mudah.

Sampai di penginapan, kami menyimpan barang bawaan serta bersiap untuk melanjutkan kegiatan wisata kami dengan tujuan pertama yaitu, melihat merapi.

1. Kaliurang

Untungnya ada Trans Jogja yang memudahkan orang-orang seperti kami yang masih kurang mengenal Jogjakarta. Perjalanan dari penginapan cukup dengan menggunakan Trans Jogja, kemudian kami turun di perempatan di Ring Road Utara untuk berganti kendaraan yang akan mengantar kami ke Kaliurang. Kendaraan yang kami tumpangi semacam bus 3/4 dengan tarif Rp.10.000,- Sesampainya di Kaliurang, kita langsung ngubek-ngubek tempat makan disini, karena memang waktu makan siang sudah lewat. Beres makan, kita lanjut deh menuju tempat dimana kita bisa ngeliat gunung merapi. Sebelum berangkat ya foto-foto duluuuuSAM_4998SAM_5004

Ternyata perjalanan untuk melihat merapi itu harus naik bukit gitu, dan jalannya setapak! Diluar bayangan banget, tapi namanya juga traveler tahan banting ya kami fine-fine aja. Di pintu masuk kawasan ini banyak monyet-monyet gitu, memang masih asri banget lingkungan disini.SAM_5008

Masih banyak banget tumbuhan yang hijau disini, tapi beberapa ada yang hangus gitu bekas letusan merapi beberapa tahun yang lalu. Jalan yang kami lalui juga di beberapa titik banyak yang keluar dari rute yang sebenernya, hal ini dikarenakan jalanan tertutup pohon tumbang serta longsoran gitu akibat letusan gunung merapi yang menewaskan juru kunci merapi, yaitu Mbah Marijan. h

Jalanan disini bisa dibilang setapak dan vegetasi lumayan rapat, jadi buat kalian yang akan kesini disarankan menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman deh. Sekitar 20 menit mendaki, sampai-lah kami di puncak bukit dan akhirnya apa yang kami cari menampakan diri.. Gunung Merapi! Walaupun jaraknya gak terlalu dekat tapi indahnya gunung merapi susah diucapkan dengan kata-kata. Capek juga terbayar deh kalo udah sampe sini, pokoknya gak nyesel.SAM_5035SAM_5034

2. Angkringan Malioboro

Beres dari Kaliurang kami pun bergegas ke penginapan lagi untuk mandi dan beristirahat. Sehabis waktu magrib kami pun berangkat kembali mencari makan dan akhirnya kami sepakat untuk makan di kawasan Malioboro. Suasana makan disini gak ada dua deh, rame banget dan yang paling penting tetep nyaman. Pokoknya masalah kenyamanan Jogja paling juara deh. Beres makan gak lupa kita mencicipi minuman khas Jogjakarta, yaitu Kopi Joss! Sebenernya dari segi rasa gak jauh beda sama kopi-kopi hitam pada umumnya, tapi yang ngebedain sensasi leburan arang panas ketika masuk ke dalam gelas kopi.. JOSS!!!

SAM_5102SAM_5073SAM_5125SAM_5135

3. Pantai Parangtritis

Day 3, sebenernya kita rencananya bakalan ke pantai yang berada di daerah Gunung Kidul berhubung waktu yang amat sangat terbatas jadinya kami sepakat untuk ke Pantai Parangtritis. Waktu tempuhnya gak lama banget dari pusat kota ke parangtritis, tapi berasa lama diperjalanan karena kami sempat satu kali beristirahat untuk membeli jajanan disalah satu minimarket disisi jalan. Oh iya, sebelum dari parangtritis kami menyempatkan diri membeli pakaian yang sejenis untuk lucu-lucuan aja hehe. Saran bagi yang akan ke parangtritis, makan dulu sebelum kesini karena anginnya lumayan bikin masuk angin! Sampai di parangtritis, kami menghabiskan waktu untuk berfoto-foto dan bermain air. Hari semakin sore, akhirnya saat yang ditunggu pun datang. Yap! Sunset. Keren banget deh sunsetnya, karena sama sekali gak ketutup awan jadi bisa dibilang perfect sunset hehe. Sekitar jam 18.30 kami pun meninggalkan pantai ini untuk mencari makan malam SAM_5172SAM_5185SAM_5203SAM_5330SAM_5291

4. Alun-Alun Selatan

Beres main di pantai, rencananya kami ingin mencicipi kuliner di salah satu tempat makan yang lagi digandrungi oleh masyarakat Jogja tapi sayangnya pas kami kesana ternyata kami mendapatkan waiting list hingga 3 jam! Akhirnya kami berkeliling untuk mencari makan, dan akhirnya kami sepakat untuk makan malam disekitaran Alun-Alun Selatan Jogja. Kami baru sadar bahwa kedatangan kami pas pada saat hari libur, sehingga kawasan ini terlihat sangat ramai. Banyak pengunjung yang mencoba peruntungannya di Pohon Kembar, banyak juga pengunjung yang berkeliling dengan sepeda yang menyala-nyala. Kami pun jadi penasaran sama sepeda tersebut, diujung jalan ada seseorang yang menawari sepeda menyalaSAM_5395 SAM_5396 SAM_5399

Leave a Reply to Dyan Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *