#2 Kampung Naga Tasikmalaya

Lagi-lagi tour dari kampus, sebenernya tour ini saya dan MPP 2011 berangkat ke 2 tujuan yang berbeda, yaitu Kampung Naga dan Pangandaran. Berhubung destinasinya menarik, mungkin dipisah aja kali ya, untuk Pangandaran dan sekitarnya diceritain di bagian #3 nanti 🙂

Okey, Kampung Naga adalah salah satu kampung adat yang saat ini masih terjaga kearifan budaya lokalnya. Kampung bisa dibilang berada ditengah-tengah antara Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya, lebih tepatnya berada di Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Mungkin kalo ada yang mau kesana tapi bingung, bisa naik bus dari Garut pokoknya si Bus tersebut ke arah Tasikmalaya via Singaparna. Nanti bilang aja ke kondekturnya turun di Kampung Naga. Balik ke cerita, kampung ini berada di lembah perbukitan, lokasinya sangat asri udah gitu dibatasi langsung sama sungai Ciwulan.

Masyarakat Kampung Naga sangat menjaga kearifan budayanya yang diwariskan oleh leluhur mereka, tapi saya melihat Kampung Naga ini cenderung tidak terlalu menutup diri dari orang-orang yang berkunjung dari luar. Warga disini sangat welcome sama pendatang, kami pun disambut di suatu tempat semacam balai warga gitu, disana tokoh adat menjelaskan apa itu Kampung Naga, serta kebudayaannya dengan menggunakan bahasa sunda. Warga disini mencari nafkah membuah kerajinan tangan gitu, kemudian dijual wisatawan yang datang ke Kampung Naga. Selain membuat kerajinan, masyarakat juga membuat alat musik juga.dIMG_5815

Unik sekali jika dilihat dari atas, Kampung Naga yang berada di lembah perbukitan terlihat sangat tertata dan rumah-rumahnya sangat mempunyai identitas. Terlihat atap rumah-rumah yang masih sangat tradisional, dan rumah-rumah tersebut berjajar mengikuti kontur tanah yang berbukit.IMG_5810

Kalo mau main atau observasi disini, jangan takut deh kalo masalah makanan. Salah satu tokoh masyarakat disini bisa menyediakan makan siang dalam jumlah besar sekalipun! Kemarin kami dipersilahkan untuk mencoba salah satu rumah baru, yang sengaja dibuat oleh tokoh masyarakat untuk menerima tamu dan bisa juga dijadikan untuk tempat singgah wisatawan untuk makan siang. DSC_0047

Bisa dilihat, foto diatas pada saat kami selesai makan siang. Rumah ini terdiri dari 2 lantai, dan dari lantai atas kita bisa melihat pemandangan persawahan serta Kampung Naga dari ketinggian. Selain itu dirumah ini juga disediakan LCD TV gitu, walaupun ukurannya gak gede-gede banget cuma lumayan lah buat sebuah Kampung Adat hehe. Pokoknya harus coba berwisata ke Kampung Naga, dijamin gak akan nyesel dan banyak yang bisa dipelajari 🙂DSC_0047e

#1 Kota Tua Jakarta & Dunia Fantasi

Holla Travelers..

Siapa yang gak kenal Jakarta? Yap! Ibukota kita yang satu ini menyimpan banyak destinasi unggulan yang wajib kita kunjungi. Meskipun luas wilayah DKI Jakarta gak besar besar banget, tapi untuk masalah objek wisata, Jakarta gak kalah deh sama tempat-tempat lain. Kali ini saya mau ceritain deh pengalaman saya ketika Field Study tahun 2012 lalu ke Kota Tua Jakarta dan Dunia Fantasi

1 Kota Tua Jakarta

Nah disini nih pusat pemerintahan dulu ketika Jakarta masih bernama BATAVIA! Kota yang dibangun pada zaman penjajahan belanda sebagai pusat pemerintahan ini sampai sekarang masih ada dan cukup terjaga. Sayangnya ketika sampai disini, saya beserta team dari MPP UPI mempunyai waktu yang sangat sempit untuk menikmati kawasan yang super vintage ini. Sebenernya kita sedikit kecewa karena gak bisa nikmatin Kota Tua, tapi ada baiknya kita dapet ilmu dari pihak pengelola Kota Tua tentang bagaimana pengelolaan hingga saat ini, serta pengelola juga menjelaskan apa saja masalah-masalah yang saat ini masih dihadapi oleh pengelola, misal adanya gelandangan dan pengemis, sampah-sampah, serta bangunan-bangunan rawan runtuh. Btw disini saya dapet cendera mata dari pihak pengelola karena saya bisa menjawab salah satu pertanyaan yang diajukan pada saat audiensi. Nih penampakannya gan..

Walaupun gak punya waktu untuk keliling Kota Tua, ya namanya juga as a tourist, mau dimanapun,kapanpun, dan kondisi apapun ya foto-foto :p IMG_6141IMG_6350

2. Taman Impian Jaya Ancol (Dunia Fantasi)

Next destination, DUFAN! Pada awalnya sih kita rencananya mau ngadain audiensi di TIJA ini, sama kayak tadi yang di Kota Tua. Tapi berhubung tidak memungkinkan, jadi kita refreshing disini sampe kaki gempor! Anehnya, saya udah berkali-kali main ke dufan, dari jaman belum sekolah sampe saat ini kuliah, tapi gak ada sama sekali perasaan bosen. Yaudah kali ya, gak mau banyak cerita, namanya juga DUFAN, semua pasti udah kesini. Cekidot aja deh foto-fotonyaIMG_6223IMG_6205IMG_6357IMG_6327IMG_6378